Belajar dari sini, awal mula aku mendapat istilah RTGS dan Kliring. lalu apa kalian tahu apa itu. RTGS dan kliring.? Bermula dari pertanyaan dalam hati, maka langsungsaja browsing biar tahu arti dan maksud dari keduanya. Nah, perbedaan keduanya dapat dibaca di sini.
Antara RTGS dan kliring, sebenarnya keduanya adalah cara transfer dari bank 1 ke bank yang lain (yang berbeda). Nah dengan RTGS dan kliring, uang yang akan kita transfer akan sampai ke rekening bank penerima, yang tentunya akan terus dihitung ke rekening penerima. Namun, RTGS dan kliring ada perbedaan waktu proses yang berbeda.
Kliring
Apa sih kliring? Awalnya aku juga belum tahu, apa itu kliring. Tapi, baca dulu di bawah ini yuk :
Kliring adalah suatu tata cara perhitungan utang piutang dalam bentuk surat-surat dagang dan surat-surat berharga dari suatu bank terhadap bank lainnya, dengan maksud agar penyelesaiannya dapat terselenggara dengan mudah dan aman.
Dengan menggunakan kliring, proses transfer akan lebih lama sampai ke penerima dengan waktu kira-kira 2 hingga 3 hari. Karena apa? Dengan proses kliring, bank pengirim mengirim ke BI dulu, baru dari BI mengirim ke bank penerima. Paham?
Dengan proses kliring, kita sebagai pengirim harus bersabar dengan proses penghitungan biaya-biaya transaksi dengan menggunakan proses kliring. Karena, dalam proses kliring, biaya transaksi ahanya ada satu di setiap akhir periode. Maka, penghitungan biaya transaksi tersebut harus diperhitungkan terlebih dahulu higga akhir waktu penyelesain.

Lalu, apa yang dimaksud RTGS ya?
RTGS alias Real-Time Gross Settlement, diamkdukan sebagai proses transfer yang realtime. Waktu itu juga bisa langsung sampai kepada penerima. Untuk RTGS ini, meski baru mulai tahun 2000 diperkenalkan, sudah sangat membantu dalam hal transfer ke bank lain. Karena apa? Dengan RTGS, biaya transaksi diperhitungkan secar individual, meski dengan RTGS ada biaya transfer yang lebih mahal.

Itu dulu saja ya. Mungkin ada yang menambahkan informasi. Silahkan

About these ads