Beda Kredit dan Debit

Belajar lagi. >Ayo semangat.

Entah kenapa ini, rasanay jari-jari kok susah diajak nulis ya. Tapi, coba untuk hari ini. Belajar di sini, ada hal baru bagiku. Tapi, mungkin bagi teman teman sudah bukan hal yang asing lagi. Ya, sesuai dengan judulnya saja.

Di sini, ada pengalaman baru tentang penggunaan kartu kredit dan debit. Tapi, sebelum aku menggunakan kedua kartu pembayaran itu, sebaiknya kita tahu dulu bedanya. Ini dia bedanya :

Kartu kredit :

Mau lihat gambarnya? Banyak kok di mbah google. Contohnya seperti ini :

kartu kredit

Di kartu kredit, pasti ada chip (berwarna ke-emasan) di bagian depan kartu kredit.

Cara transaksi kartu kredit ke mesin EDC yaitu dengan memasukkan ke slot EDC bagian depan.

Untuk kartu kredit, saldo di bank tak langsung dikurangi. Kartu kredit layaknya kartu hutang.

 

Kartu debit :

Untuk gambar kartu debit, di sini dia :

kartu debitUmumnya, kartu debit tak ada chip seperti di kartu kredit.

Penanda lain kartu debit adalah ada hologram hitam secara horisontal di balik kartu debit.

Cara penggunaan kartu debit yaitu dengan menggesek hologram hitam di slot mesin EDC bagian samping.

Untuk kartu debit, saldo di bank langsung dikurangkan.
Yah,.hanya sampai ini dulu untuk pembahasan kartu debit dan kartu kredit. Selanjutnya, insyaAllah ada lagi info yang bermanfaat.

Kliring dan RTGS. Apa itu?

Belajar dari sini, awal mula aku mendapat istilah RTGS dan Kliring. lalu apa kalian tahu apa itu. RTGS dan kliring.? Bermula dari pertanyaan dalam hati, maka langsungsaja browsing biar tahu arti dan maksud dari keduanya. Nah, perbedaan keduanya dapat dibaca di sini.
Antara RTGS dan kliring, sebenarnya keduanya adalah cara transfer dari bank 1 ke bank yang lain (yang berbeda). Nah dengan RTGS dan kliring, uang yang akan kita transfer akan sampai ke rekening bank penerima, yang tentunya akan terus dihitung ke rekening penerima. Namun, RTGS dan kliring ada perbedaan waktu proses yang berbeda.
Kliring
Apa sih kliring? Awalnya aku juga belum tahu, apa itu kliring. Tapi, baca dulu di bawah ini yuk :
Kliring adalah suatu tata cara perhitungan utang piutang dalam bentuk surat-surat dagang dan surat-surat berharga dari suatu bank terhadap bank lainnya, dengan maksud agar penyelesaiannya dapat terselenggara dengan mudah dan aman.
Dengan menggunakan kliring, proses transfer akan lebih lama sampai ke penerima dengan waktu kira-kira 2 hingga 3 hari. Karena apa? Dengan proses kliring, bank pengirim mengirim ke BI dulu, baru dari BI mengirim ke bank penerima. Paham?
Dengan proses kliring, kita sebagai pengirim harus bersabar dengan proses penghitungan biaya-biaya transaksi dengan menggunakan proses kliring. Karena, dalam proses kliring, biaya transaksi ahanya ada satu di setiap akhir periode. Maka, penghitungan biaya transaksi tersebut harus diperhitungkan terlebih dahulu higga akhir waktu penyelesain.

Lalu, apa yang dimaksud RTGS ya?
RTGS alias Real-Time Gross Settlement, diamkdukan sebagai proses transfer yang realtime. Waktu itu juga bisa langsung sampai kepada penerima. Untuk RTGS ini, meski baru mulai tahun 2000 diperkenalkan, sudah sangat membantu dalam hal transfer ke bank lain. Karena apa? Dengan RTGS, biaya transaksi diperhitungkan secar individual, meski dengan RTGS ada biaya transfer yang lebih mahal.

Itu dulu saja ya. Mungkin ada yang menambahkan informasi. Silahkan

First Experience Here

Actually, my experience here is started from October 2011. Here, I mean it’s about my place on job as staff of administrative. At that time, I start to learn anything about company, administrative it self, banking, operate machine, writing all about income and outcome, transacation – beside direct and by credit or debit cards.
Ya ya, I know this post might be only my story here. But, next I will effotrt my self to write all new experience here, like I told you before. But, Don’t go away for this blog. OK? Here, I’d like to wrie in any language I can. So, enjoy this blog, give your comment for me to improve this blog

Make this life FUN and BETTER

Ya.. itu juga ada dalam blog ini..Mau ke mana kita?? Pertanyaan buat hidup kita selanjutnya, meski pertanyaannya ngutip punya Dora. Mungkin ada yang gak kenal juga ama Dora (tokoh kartun anak-anak). Maksud pertanyaan ini, hidup kita di dunia ni kan cuma bentar- dibanding hidup yang kekal di akhirot sana tentunya- terus apa yang mau kita lakuin di dunia and apa tujuan kita..

 

Tapi, dari semua tujuan kita masing-masing, buat saja hidup ini terasa FUN buat kita. Seperti misal, apapun pekerjaan kita – mungkin sebelumnya/ selama bekerja- kita ngeras gak nyaman, bosen ama pekerjaan kita. Tapi, cobalah buat hal itu menjadi FUN, sehingga hari-hari kita pun gak cuma ditemeni ke-cemberut-an dan kemalasan dalm bekerja. Apalagi, rasa sengan pun akan meningkatkan kinerja kita sehari hari and the life will be BETTER. So, Do it, and get Ur life FUN..

Malah Sering Kentut

Masalah sering kentut, ku alami sendiri. Apalagi kalau pas puasa, seperti hari ini. Entah, rasanya mau kentut aja, tapi kadang susah mau ngeluarin. Dari kata entah itulah, ku cari informasi (biasa : dari mbah Google). These are the reviews :

Proses kentut/ flatuensi terjadi karena adanya gerakan peristaltik (meremas) yang ada di dalam usus besar, yang bermula dari udara yang mengandung oksigen lalu masuk ke dalam tubuh, udara tersebut diabsorpsi oleh tubuh menjadi nitrogen sebelum sampai di usus. Di dalam usus terjadi reaksi kmia antara asam perut dan cairan usus sehingga menghasilkan gas karbondioksida. Nah, dalam gerakan tersebut, gerakan peristaltik akan mendorong semua yang ada di perut (terutama di usus besar) untuk menuju saluran yang lebih bawah (ke anus), termasuk udara.

Selanjutnya, hal yang berpengaruh terhadap kentut adalah makanan yang berprotein. Semakin banyak nutrisi protein yang dimakan, semakin sering seseorang akan kentut. Untuk kasus sering kentut sendiri, ada pengaruh lain yakni penyempitan rongga usus besar. Apalagi, kalau kurang makan / puasa. Dan ketika ruang menyempit maka gerakan peristaltiknya juga akan semakin pelan, maka proses mendorong gas dari usus besar akan semakin sering. Karena sering inilah, teradi penumpukan gas yang menyebabkan seseorang menjadi sering kentut.

Tapi, ada juga lho alasan lain. Seringnya kentut sesorang karena terlalu banyak makan, apalagi buat orang-orang yang tinggal di daerah dingin. Karena aktivitas makan menjadi aktivitas aktif. Otomatis, proses pengolahan makanan di dalam usus besar juga menjadi lebih banyak. Pengolahan makanan yang lebih banyak ini menyebabkan gas-gas sisa yang dikeluarkan menjadi lebih banyak pula.

sumber : http://bzet.blogspot.com/2009/10/sering-kentut_10.html

manutwae

Hidup kadang harus mengikuti arus, layaknya daun jatuh ke sungai .. ikut saja aliran air mengarahkan daun itu. Why I write this..Ya, buat perkenalan aja tentang manutwae. Alasanku buat blog ini :

  • Ya, buat share-share info dengan yang lain and nglatih writing .
  • manutwae ku buat dengan filosofi hidup yang kujalani saat. Prinsipnya, jika memang hidup itu baik, jalur itu baik buat dijalani, ikutoi aja..BUT tetap dalam jalur yang wajar (kebaikan and manfaat).

Hidup dibuat mudah aja deh. Kita hidup juga cuma sekali di dunia ini,. Ngapain musti susah susah nyilem lautan, angkat gunung jika memang ada jalan yang mudah buat kita jalani. On the next, don’t be negative thinker and be positive about this life..

@ the first

Apa kabar semua..
Hari ini adalah hari pertama aku mulai blogging di wordpress.hari selanjutnya pun akan kuusahakan tetap writing tentang segala info yang bermanfaat.
@ the firt of this, aku hanya sekedar mengenalkan diriku dulu pada para pembaca.
next, if U like reading, please also read my blog.. I’ll try to make good blogging, but not bulying..